Pendahuluan

Blog ini bangkit dari kubur. Hore. Di sini gue cuma pengen kasih garis yang jelas tentang mau di bawa ke mana platform ini sekarang. Tadinya gue mau nulis pake sub-bab lagi di bawah judul, kayak “Latar Belakang”, “Tujuan”, dan lain-lain supaya eye-pleasing namun gue tersadar hidup gue sebenernya gak se-organized itu dan takut ngingetin yang lagi buat skripsi. Bahas apa dulu, ya? Asal muasal kali, ya.

Jadi begini, teman-teman. Ide bikin blog ini muncul saat liburan setelah UN SMP menuju SMA. Liburnya lama banget dan bingung mau ngapain. Kebetulan saat itu adalah masa di mana gue lagi suka banget baca buku lagi, semenjak sempet vakum karena ujian. Selama liburan, gue nge-stalk Tumblr dan blog yang rata-rata ngebahas buku atau nggak puisi. Dari situ gue terpikir untuk mulai produktif dan memanfaatkan liburan gue untuk bikin dan ngurusin blog buku.

Singkat cerita, gue keasikan ngeblog. Dulu, blog ini sempet eksis dan lumayan banyak pengunjungnya (tapi jarang banget yang dari Indonesia). Gue rajin promosi, bagiin link, dan gabung komunitas blogger di Twitter. Pernah juga jadi salah satu admin klub buku. Gue dapet banyak manfaat dari ngeblog saat itu yang menyebabkan gue suka ngejalaninnya. Pertama, karena bikinnya blog dalam bahasa Inggris, gue telah ngerasain banyak improvement dalam skill berbahasa Inggris. Grammar gue bagusan, hehe. Jelas sih, karena setiap ngulas buku gue banyak research dulu. Selain bukunya yang emang bahasa asing, gue selalu berusaha untuk buat ulasan gue gak ngebosenin. Pas baru awal aktif buat ulasan gue masih bolak-balik buka Google Translate. Gue rajin buka Thesaurus dan nyari sinonim karena gak mau nulis kata ‘actually’ kebanyakan, since gue sebenernya gak pandai ngungkapin impression gue terhadap hal, terutama ketika buku itu bikin gue nangis, gue cuma bisa bilang ‘OMG’ ‘OMG’ doang, tapi dengan banyak ngulas buku lama-lama ngetik banyak terasa ringan juga walaupun pake bahasa Inggris. Kedua, gue dapet banyak temen baru. Klasik, sih. Namanya juga networking. Namun sayangnya, ngelakuin ini semua lumayan banyak menyita waktu gue.

Saking serunya ngeblog, gue jadi selalu semangat nyiapin konten baru. I used to update my page regularly. Draft gue juga banyak. Setelah officially masuk SMA kelas 10, gue masih aktif di sini, setiap weekend ngetik halaman baru. Untungnya dulu masih agak ‘gabut’ jadi gak keteteran dengan tugas sekolah (atau emang cuek sama tugas?). Eh tapi pas kelas 10 gue emang cuek banget sama sekolah sih, karena masih belum ngerti esensi gue lanjut SMA itu apa. Kimia dapet nilai 53 ketawa doang, yang penting ngeblog jalan. Serius. Lama kelamaan mulai kerasa tuh yang namanya tugas numpuk, presentasi setiap hari, kerja kelompok setiap minggu. Mau gak mau gue harus ninggalin aktivitas blogging gue dan fokus ke sekolah. Sebenernya bisa aja sih, sesekali nengokin blog kalau ada waktu luang. Tapi gue orangnya gak suka kerja setengah-setengah kayak gitu, jadi gue putusin untuk ngubur platform ini dan menghilang bertahun-tahun. Paling cuma log in kalau ada komentar masuk buat ngebalesin satu-satu.

Sekarang tibalah saat di mana kegabutan liburan itu datang kembali. Sejujurnya gue kangen ngeblog rutin kayak dulu, tapi mengingat gue buruk dalam hal menjaga komitmen dan sebentar lagi bakal sibuk parah sambil menyandang gelar mahasiswa baru (halah) jadi gue gak kembali ke sini untuk ngurus blog buku melainkan blog pribadi. Blog ini akan di-update sesuka gue, isinya juga sesuka gue. Menurut perencanaan, mungkin mostly bakal diisi sama renungan-renungan gue because I spend 80% of my time buat melamun. Like seriously, gue setiap hari mandi pagi bisa dua puluh menit dengan rincian merenung lima belas menit dan mandi beneran lima menit. Selain itu gue juga mikir terus setiap hari, kesannya kayak banyak banget yang dipikirin. Mungkin akan lebih baik kalau gue ketik dan didiskusiin bareng di sini. Ya gak, sih?

Selain berisi lamunan gue selama nongkrong di WC, mungkin gue akan selipin beberapa aktivitas atau highlight hidup gue biar ocehannya berguna sedikit. Gue lagi meng-consider untuk mengulas buku lagi tapi gak rutin. Bahasa yang digunain juga bakal campur aduk sesuka hati. Intinya, suka-suka gue, biar gue nyaman ngeblog lagi dan gak ngerasa terbebani akan kewajiban buat nge-posting setiap saat.

Biasanya kalau mau mulai sesuatu yang baru, gue lebih suka ngulang semuanya dari nol. Maklum, gue agak perfectionist gimana gitu. Gue suka regret dan cringe sama semua yang telah gue lakuin dulu (‘dulu’ di sini dapat berarti ‘sejam yang lalu’). Bagus sih, tandanya udah ada self-improvement, kan? Fun fact aja nih, blog ini udah direnovasi total dua kali. Gue sempet jijik sendiri sama apa yang gue tulis. Tapi sekarang gue lagi belajar jadi orang yang fleksibel akan perubahan (apaan, sih). Jadi laman blog yang telah lawas akan selamanya berada di sini tanpa gue edit satu-satu lagi, kali aja berguna untuk kalian yang lagi nyari referensi buku buat dibaca. Maafin aja ya, kalau blog ini banyak flaws-nya. Gue lagi mencoba menerima diri gue yang dulu, yang cringey itu. Mungkin ada saatnya gue balik ke post ini dan menyesali apa yang gue telah ketik juga. The cycle never ends, tapi gue mau cuek aja mulai dari sekarang.

Selama gue ngoceh di sini, gue berharap kalian semua bakal dapet sesuatu yang valuable karena gue gak mau ngabisin waktu kalian buat baca teks panjang-panjang tanpa dapet apa-apa. Oleh karena itu, gue berharap kalian mau bantu gue untuk improve lagi dan ikut ninggalin jejak di blog gue ini. Apresiasi dalam bentuk komentar sangat diharapkan. Kalau kalian notice sesuatu yang belum sempurna dari blog ini dan bisa diperbaiki, jangan lupa bilang ke gue, ya. Misalnya ada button yang error atau belum mobile-friendly, nanti sebisa mungkin gue benerin setelah dapet laporannya. (Semoga gue masih inget cara coding-nya.) Itu aja. Selamat datang.

 

Advertisements

4 thoughts on “Pendahuluan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s